Kamis, 23 Agustus 2012

Management Usaha Perikanan Air Tawar


 Management Usaha Perikanan Air Tawar

Dalam usaha dibidang Budidaya ikan Air tawar terkadang banyak mengalami berbagai kendala, walaupun dalam istilah teori itu sebenarnya mudah.
sering kali kita mendengar keluhan dari masyarakat petani kita yang menyampaikan persoalannya, kenapa ikan lambat besar, kenapa napsu makan berkurang, dan kenapa seringkali terjadi kematian pada usaha budidaya ikan.
pada dasarnya ikan lambat besar itu karena ada beberapa faktor yang mempengaruhinya seperti:

- ikan tidak diberikan makanan tambahan yg cukup
- ikan lambat besar, walaupun dikasih makan kadang napsu makan ikan itu sendiri berkurang, karena faktor keasaman air itu sendiri sehingga malas bagi ikan utk makan, dan akhrnya lambat besar, itu semua harus diatasi dengan proses pengapuran, pengapuran dimaksudkan untuk menatralisirkan keasaman PH dan kita naikkan melalui proses pengapuran tersebut, sehingga dg ph yg cukup dan tidak asam maka selera makan ikan bertambah, tinggal kita sebagai pelaku usaha yg harus tekun utk memberikan makanan tambahan sebagai langkah terbaik yg merupakan cara untuk membesarkan ikan.
- Ada juga persoalan lainnya yg mengakibatkan ikan lambat besar, bahkan tidak mau besar pertumbuhannya, itu sudah pasti disebabkan karena faktor bibit itu sendiri, artinya bahwa bibit yang diperoleh itu berasal dari induk ikan yg tidak bagus .
induk ikan yg terlalu tua usianya, memang menghasilkan benih yg cukup banyak, akan tetapi untuk anak ikan sebagi benih atau bibit akan lambat dan tidak mau besar. oleh karena itu dalam memilih bibit ikan sebaiknya kita harus tahu, kemana kita akan membeli bibit yg bagus, dan apakah penjual bibit itu benar-benar bisa dipercaya atau sebaliknya. karena dengan pembelian bibit ikan yg kita tidak tahui asal-usulnya induk itu sendiri kita akan tertipu. dan dalam agrobisnis kalu kita membeli induk ikan harus induk yg benar-benar melalui proses seleksi yg bagus dan memenuhi kriteria sebagaimana mestinya.
salam ................

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar